7 Kesalahan Umum Pemasaran
7 Kesalahan Umum Pemasaran
7 Kesalahan Umum Pemasaran
GudangMerah.com - Ketika memasarkan produk atau jasa, anda perlu memiliki pemahaman yang kuat pada audien anda, pesan yang disampaikan, penawaran yang dibuat, dan timing yang optimal untuk promosi.
Banyak marketer baru ataupun yang sudah berpengalaman melakukan
kesalahan yang mengakibatkan buruknya kinerja dalam pemasaran. Kesalahan umum
marketing dapat dihindari dengan perencanaan yang matang, perhatikan detil, dan
pengukuran serta evaluasi yang berkelanjutan.
Jika anda mempertimbangkan pemasaran tradisional, Internet
marketing, atau sesuatu yang belum pernah dicoba sebelumnya, pastikan
menghindari kesalahan umum dibawah ini:
1. Timing.
Mungkin anda memiliki list yang lengkap, penawaran fantastis, dan
produk dengan desain apik, namun jika timing tidak tepat, begitu juga dengan
hasil yang anda dapatkan. Sebagai pemasar yang berpengalaman, saya telah
melihat beberapa promosi yang sangat mahal, namun tidak menghasilkan. Ini
karena promosi pada konsumen dilakukan pada saat mereka tidak berminat membeli
produk tersebut. Misalnya, menjual sekop salju pada bulan Juli bukanlah timing
yang tepat.
2. Kegagalan Menguji Headline.
Sebagai hal pertama yang dibaca oleh prospek anda, headline
adalah hal yang sangat penting untuk menarik pembeli kedalam pesan, penawaran,
dan tindakan yang anda ingin mereka lakukan. Terlepas dari media, anda harus
secara kontinyu menguji headline (atau subyek) dengan melakukan tes terpisah
dan mengevaluasi respon. Hal ini memastikan pesan marketing anda menarik
sejumlah besar pembeli potensial.
3. Kegagalan Menguji Penawaran.
Dalam pemasaran langsung, penawaran secara langsung
dikorelasikan 40% dari respon anda. Jika anda memiliki penawaran yang tepat,
orang akan merespon. Ada faktor lain yang juga dipertimbangkan, namun dalam
kasus tertentu diperlukan penawaran yang mendesak. Penawaran bervariasi mulai
dari diskon sampai “segera selama produk tersedia”. Uji penawaran anda untuk
mengoptimalkan respon.
4. Memiliki List yang baik.
Dengan memiliki penawaran terbaik dan desain yang hebat masih
belum cukup. Bagi beberapa jenis promosi, keberhasilan secara langsung terikat
dengan list target. Dengan alat yang canggih saat ini, anda akan mendapatkan
list yang tersegmen berdasarkan demografi, psikografis, perilaku membeli, dan
karakter lainnya. Jika anda bertanya-tanya dimana akan menginvestasikan dana
marketing anda, gunakan untuk mengembangkan list dengan baik atau
menyewa/membeli list segmentasi marketing yang baik.
5. Menggandalkan Komunikasi
Tunggal.
Rata-rata, konsumen mendapatkan lebih dari 2000 pesan marketing
setiap harinya. Pada kenyataannya, studi terbaru mengindikasikan bahwa konsumen
perlu melihat pesan marketing anda rata-rata 12 kali sebelum mereka benar-benar
memperhatikannya. Dengan menempatkan iklan tunggal di surat kabar atau mengirim
email tidak memberikan hasil yang efektif. Tentukan media yang digunakan
prospek untuk mengumpulkan informasi dan mengembangkan promosi yang sesuai
dengan budget anda.
6. Tidak Mengukur Efektivitas
Promosi.
Dari waktu ke waktu, bisnis anda memerlukan banyak aktivitas
marketing. Meskipun bisnis yang anda kelola berskala kecil dan bagaimana
melakukan komunikasi pada prospek, maka anda memerlukan beberapa tipe
komunikasi. Terlepas dari ukuran promosi atau biaya yang dikeluarkan, anda
perlu memantau hasilnya. Ini dapat dilakukan dengan pencatatan yang sederhana
atau dengan sistem CRM yang mahal. Yang perlu diperhatikan adalah anda perlu
mencatat bagian mana yang berhasil dan mana yang tidak, sehingga dapat
meningkatkan hasil di masa depan.
7. Kegagalan Melanjutkan
Dialog.
Setelah melakukan konsultasi di beberapa perusahaan besar, saya
tercenggang dengan banyaknya kegagalan berkomunikasi dengan konsumen. Yang
sering terjadi, konsumen atau bisnis hanya mendengar dari penjual ketika mereka
membeli ulang. Jika anda memiliki data konsumen yang kuat, anda harus bekerja
keras mengolahnya. Anda perlu mengeluarkan anggaran marketing untuk
mempertahankan mereka. Pastikan untuk membuka pembicaraan dengan konsumen,
dapatkan feed-back, dan secara teratur berkomunikasi dengan mereka. Ini akan
membantu membangun bisnis anda dalam jangka panjang.
Jika anda masih baru di bidang marketing, memiliki pengalaman
sebagai marketing profesional, atau ingin meningkatkan pencapaian anda,
pastikan anda belajar dari kesalahan orang lain. Agar berhasil, terus-menerus
berupaya meningkatkan efektivitas marketing anda. Hindari 7 kesalahan umum
diatas, dan anda berada di jalur yang memberikan hasil memuaskan.
Sumber : Pengusaha Muslim
Demikianlah Artikel Ini, dan Semoga Dapat Memberi Manfaat Kepada Sahabat Gudang Merah.
0 komentar:
Post a Comment